Kamis, 21 November 2013

AIR TERJUN BLAWAN - BONDOWOSO

 AIR TERJUN BLAWAN - BONDOWOSO - JAWA TIMUR


Air terjun di pegunungan lazimnya terasa dingin, tapi berbeda dengan air terjun Blawan di Bondowoso, Jatim. Air terjun Blawan justru terasa hangat dan mengebulkan uap.

Tidak jauh dari Kawah Ijen, terdapat air terjun Blawan yang dikunjungi oleh banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Letaknya berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Air terjun Blawan memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter dan berwarna kekuningan.

Warna kuning ini berasal dari kandungan belerang yang mengalir dari mata air atau resapan belerang dari Kawah Ijen. Air terjun ini mengebulkan uap di antara bukit-bukit hijau dengan dikelilingi oleh tanaman makademia (sejenis kacang) serta tebing tajam dan gua berstalagmit.

Air terjun Blawan ini adalah hilir dari Kali Pahit yang merupakan tempat pembuangan air dari Kawah Ijen. Yang menarik dari air terjun ini, adalah muara alirannya yang langsung menuju ke dalam tanah yang akhirnya akan bermuara di daerah Asembagus, Kabupaten Situbondo lalu ke Laut Jawa.

Untuk mencapai lokasi air terjun, kita bisa menggunakan angkutan desa dari Kabupaten Bondowoso menuju Dusun Blawan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol. Kurang lebih 52 km kemudian, kita bisa menggunakan jasa ojek hingga tiba di loket.

Setelah tiba di sana perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jalan yang ditempuh sangat menantang dengan jalan naik turun tangga di antara 2 tebing. Ini menjadi pengalaman yang menarik untuk diabadikan.

Selama berjalan kaki kita bisa menikmati segarnya udara hutan yang bebas dari polusi, hijaunya tebing-tebing yang rimbun oleh tanaman yang merambat dan mendengar suara kicau burung. Serta, suara air terjun yang siap menyambut kehadiran kita.

Tapi kita harus tetap berhati-hati, karena anak tangga sangat licin karena berbal lumut. Apalagi, saat kita sampai di satu ceruk di mana terdapat genangan yang airnya cukup panas.

Tak terasa sampailah, kita air terjun dengan disambut dengan gemuruh air yang deras mendominasi harmoni alam. Sedangkan kabut tipis yang terdapat di atas air terjun, tercipta dari uap panas akan memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung.

Jika kita ingin berendam air hangat, di kawasan ini telah disediakan kolam-kolam air hangat yang disewakan untuk pengunjung. Ada juga kolam renang alami yang konon adalah tempat pemandian Dhamar Wulan, salah satu tokoh fenomenal dalam kisah Babad Tanah Jawa.

Tak hanya itu, wisata lain yang terdekat dengan lokasi air terjun adalah Kawah Ijen dan perkebunan strawberry Kalisat Jampit yang berjarak sekitar 20 menit dari air terjun.

Untuk fasilitas dan akomodasi, tersedia di kawasan Kalisat, Jampit di Penginapan PTPN XII. Letaknya di sebelah rumah Administratur perkebunan. Biaya kamar cukup terjangkau yaitu Rp 170.000 untuk kamar dengan jendela dalam dan Rp 210.000 untuk kamar yang menghadap ke jalan.

Bagi yang menyenangi petualangan alam, kunjungan Anda bisa dilanjutkan ke Gua Kapur yang hanya berjarak 75 m dari air terjun Blawan. Letaknya sedikit tersembunyi, di pinggir tebing tertutupi oleh rimbunnya tanaman hutan.
(Sumber detik.com)
 
Bila Anda membutuhkan Tiket Pesawat & Voucer Hotel
Hubungi : JAW@ Tour & Travel
               Telp : 021-50452433
               HP  : 0856-8846-800 
                    : 0888-980-6669 (WhatsApp/WeChat/Line)
             PIN : 7536ED4A

Tidak ada komentar :

Posting Komentar